Info tentang APHMI Asosiasi Pengusaha Herbal Muslim Indonesia

 


Asosiasi Pengusaha Herbal Muslim Indonesia (APHMI) merupakan perkumpulan berbadan hukum sebagai wadah para pengusaha dari berbagai dunia usaha yang berhubungan dengan herbal di Indonesia yang bersifat terbuka. APHMI didirikan pada 21 Januari 2013 di Bogor berfungsi menghimpun dan membina para pengusaha herbal yang berorientasi pada ta’awwun dan mualamah yang dilandasi oleh prinsip-prinsip syariah, sehingga terbangun ukhuwah dan memberikan kemaslahatan yang lebih besar.


Berdirinya APHMI terdorong oleh akumulasi kuatnya aspirasi dan keinginan untuk menghindarkan usaha herbal dari sikap spekulatif, persaingan tidak sehatdan mengabaikan kualitas serta cenderung pada kepentingan sesaat. Fenomena yang terjadi pada dunia usaha herbal identik dengan perang diskon, perdagangan konvensional atau tradisional, serta minimnya edukasi tentang usaha dan manfaat herbal di kalangan pengusaha maupun konsumen herbal.


Kehadiran dan manfaat herbal semakin didambakan ummat. Selain ketersediaan produk di tengah-tengah masyarakat agar mudah diperoleh, juga pengadaan dalam bentuk kemasan disertai informasi yang memadai telah menjadi tuntutan. Apalagi kini herbal sudah menjadi kebutuhan yang mendunia, sehingga kebutuhannya kian meningkat dan penyebarannya di dalam dan luar negeri perlu ditingkatkan dengan pendekatan manajemen yang profesional, modern, regulasi dan standar yang jelas serta harga yang rasional.


Untuk itu APHMI diharapkan mampu menjadi jembatan untuk mencari solusi beragam persoalan dan mendorong kemajuan di bidang produksi dan pengolahan, pemasaran, sumber daya manusia serta desain dan teknologi yang berhubungan dengan herbal pada saat ini dan masa mendatang. Guna mendorong APHMI ini untuk berperan aktif pada bidang-bidang usaha herbal tersebut, tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak terkait baik pemerintah, ulama, maupun pengusaha herbal sendiri.


Insya Allah segenap niat baik membangun iklim usaha yang sehat di dunia herbal mendapat pertolongan dan rahmat Allah Ta’ala. Amin


Link : aphmi.org

Komentar