5 Rute Layanan Baru TransJakarta

 PT Transportasi Jakarta menghadirkan lima rute layanan baru. Hal ini dimaksud untuk mempermudah mobilitas warga Ibu Kota sehari-hari.

Humas PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi menyebut kelima rute layanan baru itu antara lain Kampung Melayu-Grogol, TU Gas-Grogol, Pinang Ranti-Kota, Manggarai-Blok M dan Pinang Ranti-Bundaran Senayan.

"Mulai hari ini, TransJakarta kembali membuka 2 rute langsung. Kedua rute tersebut adalah rute lintas koridor, yaitu rute Kampung Melayu-Grogol dan TU Gas-Grogol," ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (12/4/2016).

Bus yang melayani Kampung Melayu-Grogol merupakan rute kombinasi antar koridor, yakni Koridor 5, Koridor 1 dan Koridor 9. Rute ini juga singgah di dua halte transit, yaitu Halte Dukuh Atas dan Halte Bendungan Hilir (Benhil).

Begitu pula dengan rute TU Gas-Grogol yang melintas di Koridor 4, Koridor 1 dan Koridor 3. Bus ini juga melintasi halte persinggahan seperti Halte Pramuka BPKP, Halte Matraman, Halte Monas dan Halte Harmoni.

"Pelanggan TransJakarta yang berangkat dari TU Gas dan sekitarnya tujuan Grogol, Koridor 1 dan Koridor 3 tidak perlu lagi transit di Halte Dukuh Atas. Cukup sekali perjalanan sudah sampai di halte tujuan," terangnya.

Bagi pelanggan dengan tujuan Tanjung Priok, Cawang, Jatinegara, Ancol, Blok M, Kota, Pulogadung, Kalideres dan Pluit juga bisa menggunakan rute bus ini dengan berpindah koridor di sejumlah halte transit seperti Halte Pramuka BPKP, Halte Matraman, Halte Monas dan Halte Harmoni. Lebih lengkapnya lagi berikut nama jalan dan halte-halte lain yang disinggahinya:

Dari TU Gas-Grogol melalui Jalan Pemuda-Pramuka-Matraman Raya-Tambak-Proklamasi-Diponegoro-Imam Bonjol-MH Thamrin-Medan Merdeka Barat-Majapahit-Hasyim Ashari-Kyai Tapa-Grogol. Sedangkan sejumlah halte yang bakal disinggahi antara lain Halte TransJ TU Gas, Halte TransJ Matraman-Halte Proklamasi-Halte Megaria-Halte SMPN 8-Halte Gedung Wanita-Halte Museum Proklamasi-Halte KPU-Halte BBD/Mandiri-Halte TransJ Sarinah sampai dengan Halte TransJ Harmoni-Halte TransJ Sumber Waras-Halte TransJ Grogol 1.

Untuk rute Kampung Melayu-Grogol, Budi menggunakan kombinasi rute Koridor 5, Koridor 1 dan Koridor 9. Sehingga penumpang yang berangkat dari Kampung Melayu tujuan Grogol, tak perlu lagi transit di Halte Matraman, Dukuh Atas dan Benhil.

Jalan dan halte yang akan dilalui oleh bus ini, antara lain Jalan Jatinegara Barat-Matraman Raya-Tambak-Proklamasi-Diponegoro-Imam Bonjol-Sudirman-Semanggi-Gatot Subroto-S Parman-Grogol. Sementara itu halte bus yang disinggahi, yaitu Halte TransJ Kampung Melayu sampai dengan Halte TransJ Tegalan-Halte Proklamasi-Halte Megaria-Halte SMPN 8-Halte Gedung Wanita-Halte Museum Proklamasi-Halte KPU-Halte BBD/Mandiri-Halte TransJ Tosari sampai dengan Halte TransJ Benhil-Halte JCC Senayan sampai dengan Grogol 2.

"Seiring dengan proses penambahan armada baru secara bertahap, maka rute-rute baru lainnya segera menyusul," imbuh dia.

Khusus layanan rute Pinang Ranti-Kota dan Manggarai-Blok M sudah beroperasi sejak akhir Maret lalu. Saat ini ada 10 bus gandeng melayani rute Pinang Ranti-Kota mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Rute tersebut merupakan kombinasi antara Koridor 1 dan 9 yang jumlah penumpangnya 'gemuk'.

"Masih sangat mungkin jika bus yang beroperasi di rute gemuk ini akan ditambah di kemudian hari," terang Budi.

Adapun halte yang dilaluinya, yakni Halte Pinang Ranti-Garuda Tamini-UKI-BNN-Cawang Ciliwung-Cawang Cikoko-Tebet BUMD-Pancoran Tugu-Pancoran Barat-Tegal Parang-Kuningan Barat-Gatot Subroto Jamsostek-Gatot Subroto LIPI-Bendungan Hilir-Karet-Dukuh Atas-Tosari-Sarinah-Bank Indonesia (BI)-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Olimo-Glodok-Kota. Arah sebaliknya juga melalui halte-halte tersebut.

Selanjutnya untuk rute Blok M-Manggarai, bus akan beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Diharapkan dengan dihadirkannya rute perjalanan ini bisa membantu mengurangi kepadatan penumpang di halte transit Dukuh Atas serta memudahkan penumpang Koridor 4, Koridor 6, Koridor 9 dan Koridor 1 dari Manggarai menuju Blok M bisa melintas secara ekspres. "Bus yang melintas di rute Blok M-Manggarai ini dirancang tidak berhenti di Halte Dukuh Atas," terangnya.

Adapun halte-halte yang dilalui rute Blok M-Manggarai antara lain Halte Manggarai-Pasar Rumput-Halimun-Setia Budi Aini-Kuningan Madya-Karet Kuningan-GOR Sumantri-Depkes-Patra Kuningan-Kuningan Timur-Gatot Subroto Jamsostek-Gatot Subroto LIPI-Gelora Bung Karno-Bunderan Senayan-Masjid Agung-Blok M. Bus dari arah sebaliknya juga berhenti di halte yang sama.

(Baca juga: TransJ Sediakan 2 Rute Bus Feeder dari Stasiun Tebet)

"Kalau rute PGC-Bunderan Senayan waktu itu baru uji coba. Rute ini sekarang sudah beroperasi," kata Budi.
(aws/hri)

http://news.detik.com/berita/3186459/ini-5-rute-layanan-baru-transjakarta

Komentar