Jaminan Halal Pada Produk Itu Penting Sekali


☀Jaminan Halal Pada Produk Itu Penting Sekali☀
oleh: Tim HIU

Di antara ciri khas dari produk bermutu dan aman adalah mendapatkan sertifikasi jaminan HALAL pada produk oleh lembaga yang telah diakui kredibilitasnya dalam hal ini MUI. Apalagi di zaman ini produk berlabel HALAL sudah menjadi tuntutan pasar. Banyak perusahaan pangan, obat dan kosmetik yang tidak mau tahu dan tidak peduli tentang kehalalan sebuah produk.
Padahal konsumen Indonesia mayoritasnya adalah muslim. Bahkan tren saat ini konsumen non muslim pun memilih produk-produk berlabel halal dikarenakan lebih terjaga dan hati-hati pada proses produksinya dari kontaminasi benda najis (kotor) serta mendapatkan pengawasan yang ketat. Isu produk dari sumber najis seperti dari babi, bangkai hewan bukanlah isapan jempol dan layak untuk kita perhatikan dalam membeli produk.


Alhamdulillah Herbal Indo Utama telah mendapatkan sertifikat HALAL MUI sejak tahun 2011 dan terdaftar di LP POM MUI DIY. Untuk mendapatkan sertifikat HALAL MUI tentunya harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh MUI dan dilakukan audit sarana. Di saat itu sebagai auditornya adalah Prof. Dr. Suwijiyo Pramono, DEA., Apt. (guru besar farmasi dan obat herbal di UGM) beserta rekannya Dr. Sumantri Apt. (dosen farmasi UGM). Beliau berdua berkunjung ke HIU untuk memeriksa persyaratan, sarana dan memberikan bimbingan kepada personil produksi tentang "Jaminan Halal Produk". Setelah dilakukan audit dan dinyatakan lulus kemudian diberikan sertifikat HALAL MUI. Sertifikat ini berlaku 2 tahun dan bisa dilakukan perpanjangan. Saat ini Herbal indo Utama akan melakukan perpanjangan yang ke 3. Pada saat perpanjangan sertifikat HALAL kali ini akan mendapatkan bimbingan teknis berupa "PELATIHAN JAMINAN HALAL" yang diadakan pada tanggal 21 November 2015, bertempat di Rumah Sakit JIH / Jogja International Hospital, oleh LPPOM MUI DIY. Alhamdulillah Tim HIU dapat mengikutinya dengan baik. Kegiatan seminar ini sangat penting sekali dan bermanfaat karena akan meningkatkan kemampuan SDM HIU dalam menjaga kehalalan produk.

Setelah selesei seminar ada tugas berat yang akan diemban oleh TIM HIU. Tugas ini adalah amanah yang harus ditunaikan yaitu menerapkan SISTIM JAMINAN HALAL pada lini produksi. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kekuatan untuk menjaga amanah ini.

Maka jangan ragu untuk memilih Herbal Indo Utama sebagai mitra karena kami berusaha untuk menjadi mitra yang baik untuk anda.

Sumber: reportase Divisi Promo HIU

Komentar